Jumat, 25 Januari 2019

Pentingnya Mesin Akses Kontrol Pintu Professional


Pentingnya Mesin Akses Kontrol Pintu Professional

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai macam alat berteknologi tinggi mulai digunakan di berbagai aspek kehidupan manusia. Teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan dan manfaat yang menunjang kebutuhan manusia. Tak hanya itu, isu keamanan juga mempengaruhi kemajuan teknologi sehingga beberapa peran teknologi mulai menggantikan peran manusia dengan alasan keamanan. Termasuk inovasi teknologi mengenai mesin akses kontrol pintu dan mesin akses kontrol kartu. Oleh karena itu mesinabsensi.co.id hadir sebagai penyedia mesin absensi dan mesin akses kontrol pintu nomor satu di Indonesia.
Mesin akses kontrol pintu adalah adalah mesin yang dirancang untuk mengatur dan mengkoordinasi secara otomatis akses keluar masuknya segala benda hidup dan mati dari jalan utama sebuah tempat. Akses ialah tidakan menggunakan atau memasuki, kontrol ialah kendali atau koordinasi selektif pada suatu tempat. Sehingga definisi akses kontrol biasanya merujuk pada pembatasan kewenangan keluar masuk melalui pintu, kedalam sebuah tempat, bangunan atau properti. Kontrol tersebut menciptakan sistem untuk memperbolehkan atau mengijinkan akses hanya kepada yang berwenang saja. Kesimpulannya mesin akses kontrol pintu mengendalikan siapa saja yang boleh keluar dan masuk, dimana saja mereka boleh keluar dan masuk, dan kapan saja mereka boleh keluar dan masuk.

Baca Juga : Smarthome Supplier

Smarthome, akses kontrol tanpa penggunaan mesin pada umumnya dilakukan dan dilaksanakan oleh profesi seperti penjaga pintu, penjaga keamanan, penjaga perbatasan maupun pemeriksa tiket. Dengan bantuan perangkat sederhana seperti kunci. Peran teknologi mesin akses kontrol pintu adalah menutup segala keterbatasan manusia. Kontrol akses mesin elektronik menggunakan sistem mirokontroler dan komputerisasi akan memecahkan keterbatasan manusia tersebut dan mempermudah. Hak akses akan dikontrol penuh secara mekanik sehingga ketika akses disetujui maka pintu akan terbuka dan bila akses ditolak maka pintu akan tertutup, terkunci dan segala tindakan akan tercatat. Penggunaannya pun lebih umudah. Pada jenis tertentu dapat terhubung oleh sensor keamanan lainnya seperti alarm, gas detektor, PIR (Passive Infrared Reciever atau Sensor inframerah panas tubuh manusia) dan IP Camera. Alarm dan sensor keamanan sejenis akan berbunyi bila pintu dibuka paksa atau dibiarkan terbuka dalam jangka waktu yang lama.
Ada beberapa jenis metode akses kontrol pintu. Pertama adalah metode password. Password adalah metode verifikasi identitas pengguna akses pintu, pagar, lift dan sejenisnya dengan memasukan serangkaian kode elektronik. Pada umumnya akses password pada kontrol pintu menggunakan keypad untuk input kode tertentu sehingga pintu dapat terbuka. Yang kedua adalah kombinasi pengembangan mesin akses kontrol pintu dipadu dengan mesin akses kontrol kartu.

Baca Juga : Philips Indonesia

Smart Home, mesin akses kontrol kartu adalah pengendali otomatis dengan menggunakan kartu sebagai media akses keluar masuk suatu ruangan, gedung dan tempat lainnya. Kartu adalah suatu media tipis dan tebal berbentuk persegi panjang dan memiliki fungsi untuk berbagai keperluan seperti karcis, tanda anggota, dan lain halnya. Kartu yang memiliki perangkat elektronik seperti atm, kartu kredit, kartu anggota, kartu identitas atau kartu karyawan pada umumnya memuat informasi dan data jati diri seseorang sebagai tanda suatu perkumpulan, perusahaan dan keanggotaan, bahkan data seperti aset kepemilikan, hutang dan data elektronik komputerisasi lainnya.
Dalam penggunaan dan fasilitas mesin akses kontrol kartu, ada beberapa jenis dengan varian yang berbeda. Kartu Proximity Tebal pada umumnya memiliki dimensi 1,8 x 54 x 85,6 mm, memiliki jarak terdeteksi dan frekuensi yang beraneka ragam serta fungsi yang beraneka ragam pula sesuai dengan kebutuhan. Namun pada dasarnya fasilitas kartu yang digunakan untuk mesin akses kontrol kartu ialah untuk kontrol akses, absensi karyawan, sistem tempat parkir kendaraan dan sistem konsumsi. Jenis kartu Proximity tidak dapat menyimpan data. Kartu Proximity Tipis, memiliki dimensi 85,5 x 54 x 0,80 mm, dengan fasilitas sama sesuai dengan kebutuhan. Kartu Proximity standar dengan ukuran tipis maupun tebal tidak dilengkapi dengan HID chip atau perangkat bit kecil yang terbuat dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit). Namun ada pula Kartu Proximity HID jenis tebal dan tipis. Jenis berikutnya adalah Mifare Card dengan dimensi 85,6 x 54 x 0,86 mm, berbeda dengan kartu jenis Proximity, Mifare card dapat menyimpan data berupa identitas dan sidik jari. Selain itu Mifare Card juga dapat merubah, menghapus dan menambahkan isi data pada kartu tersebut. Selain jenis jenis diatas, ada pula kartu HID I Class, Smart Card, Honey Well Card, Secom Card dan DII R dengan spesifikasi beragam sesuai dengan kebutuhan.
Teknologi menawarkan kemudahan bagi kebaikan manusia. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan menggunakan mesin akses kontrol pintu dan mesin akses kontrol kartu tidak perlu repot lagi karena keamanan terjamin, mudah digunakan dan kontrol terpusat berdasarkan sistem.
Sumber :
https://blog.mesinabsensi.co.id/pentingnya-mesin-akses-kontrol-pintu-professional/

0 komentar:

Posting Komentar